Nugroho Dwis Sugiharto

HokBen Restoran Cepat Saji Bersertifikat Halal MUI

Event    9 June 2016    -

HokBen Restoran Halal

HokBen Jl. Kaliurang Sleman Yogyakarta | Sumber: www.beyourselfwoman.com


Hoka Hoka Bento atau yang sekarang dikenal sebagai Hokben adalah restoran cepat saji dengan konsep makanan Jepang. Restoran ini berdiri sejak tahun 1985 di Kebon Kacang, Jakarta di bawah PT Eka Bogainti. Sebagai langkah pendekatan kepada cita rasa masyarakat Indonesia Hoka Hoka Bento mencoba menghadirkan berbagai menu dengan rasa Indonesia tetapi tidak meninggalkan ke-Jepang-annya, dan ternyata inovasi ini sangat diterima oleh masyarakat terbukti kini cabang Hoka Hoka Bento telah tersebar ke seluruh Indonesia.

Sebagai langkah pembaharuan dan new branding, mulai tahun 2013 Hoka Hoka Bento berganti nama menjadi HokBen, pengambilan nama ini tidak lepas dari kontribusi dari pelanggan setia restoran tersebut. Menurut Ibu Kartina Mangisi Simanjuntak selaku Communication Division Head HokBen, pelanggan lebih sering menyebutkan nama HokBen daripada Hoka Hoka Bento, sehingga manajemen memutuskan untuk merebranding nama restoran agar selalu dekat dihati pelanggan.

Untuk mendekatkan diri kepada pelanggan, Sabtu (4/6/16) HokBen mengundang Komunitas Blogger Jogja untuk menghadiri acara gathering yang berlokasi di HokBen Jl. Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, dalam acara tersebut HokBen selaku tuan rumah mengangkat tema “Diskusi Menu Halal” dengan mengundang narasumber Ibu Oesmena Gunawan selaku Wakil Direktur I LPPOM MUI Pusat.

Dalam kesempatan tersebut Ibu Oesmena menjelaskan berbagai hal tentang Sertifikasi Halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI. Setiap perusahaan/merk yang mendaftarkan produk mereka untuk mendapatkan sertifikat halal MUI tidak dapat main-main, setidaknya ada 3 kriteria agar suatu produk mendapatkan sertifikat Halal MUI yaitu jujur, menggunakan bahan-bahan halal, dan tercatat dan mudah ditelusuri.

HokBen Restoran Halal

Syarat Sertifikat Halal MUI | Sumber: Materi Presentasi

Lanjut Ibu Oesmena, perusahaan/orang tidak dapat sembarangan mencantumkan sertifikat halal MUI pada kemasan produk mereka, jika ada perusahaan/orang yang dengan sengaja mencantumkan sertifikat halal MUI sanksi pidana dan perdata siap menanti.

HokBen Restoran Halal?
Sejak masih bernama Hoka Hoka Bento, HokBen telah memiliki sertifikat Halal MUI yang dikeluarkan pertama kali pada bulan September 2008, dan setiap dua tahun sekali HokBen mengajukan perpanjangan, dan saat ini HokBen telah mendapatkan sertifikat dengat predikat A sebanyak 2 kali. Sertifikat dengan predikat A adalah standar tertinggi untuk sertifikat halal.

Sebagai langkah mendapatkan kepercayaan pelanggan HokBen telah memajang sertifikat Halal MUI disetiap outlet mereka, dan pelanggan dapat langsung melihat bahkan dapat langsung mengecek keaslian sertifikat tersebut dengan menscan QRCode yang telah disediakan.

HokBen Restoran Halal

Sertifikat Halal Hokben | Sumber: Foto Pribadi

Bila kurang yakin anda dapat mengecek langsung melalui website halalmui.org, atau dengan mengunduh aplikasi Halal di Android/Blackberry/iOS, atau bisa juga melalui sms dengan mengetik “Halal[spasi]Nama produsen” kirim ke 98555 dengan biaya Rp 1.000,-.

Jadi apakah HokBen Restoran Halal? Jawabannya Iya 🙂

Salah Satu Menu Halal HokBen | Sumber: Foto Pribadi

Salah Satu Menu Halal HokBen | Sumber: Foto Pribadi

KOMENTAR ()