Perpanjang SIM di Satlantas Polres Madiun

Senin (10/9) kemarin saya harus kembali ke kota gadis tercinta, sebenarnya tidak ada rencana sebelumnya, tapi setelah iseng-iseng lihat kartu-kartu identitas ternyata SIM saya sudah kadaluarsa. Ya sudah sebagai warga negara yang sedikit baik, saya pun memutuskan mengurus perpanjangan SIM, ya itung-itung biar kalo ditilang dendanya gak banyak-banyak :D .

Tarif Pembuatan SIM | Foto : temanbaik.in

Karena saya adalah warga Madiun jadi dalam pengurusan SIM dilakukan di Satlantas Polres Madiun, daerah Demangan. Ya sedikit dag dig dug sih, maklumlah pengalaman pertama. Selain itu SIM saya juga tidak valid, umurnya dituakan dua tahun dari umur di KTP, takut ditanyain macem-macem hihihi… :D .

Sebenarnya dalam mengurus perpanjangan SIM tidak sulit dan tidak ribet, tapi karena masih pertama kali jadinya belum tahu alur yang enak gimana, kemarin saya harus mondar-mandir dulu, karena berkas yang diperlukan kurang. Nah biar gak mengalami seperti yang saya alami terutama bagi yang belum pernah perpanjang SIM mungkin artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Foto Copy KTP dan SIM dan Tes Kesehatan
Untuk mengurus perpanjangan SIM harus anda harus foto copy KTP dan SIM yang lama, bagi yang mengurus perpanjangan SIM di Satlantas Polres Madiun, anda bisa melakukannya di foto copy depan Polres Madiun persis, seberang jalan. Disana anda tinggal menyerahkan KTP dan SIM dan bilang foto copy untuk perpanjang SIM. Biaya foto copy Rp. 4.000,-, biaya ini sudah termasuk beberapa lembar foto copy KTP dan SIM (lupa berapa lembar), stopmap dan satu buah bolpen.

Setelah foto copy silahkan langsung melakukan tes kesehatan ditempat tersebut, karena disana juga ada praktek dokter, untuk tes kesehatan hanya dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan saja. Anda dikenakan biaya Rp. 15.000,-.

Ambil Formulir dan Foto Diri untuk Berkas
Setelah melakukan foto copy KTP SIM dan tes kesehatan silahkan datang ke meja Satlantas bagian formulir SIM, silahkan tanya ke orang yang ada disana, kalau pas saya kemarin tempatnya didepan foto copyan didalam Polres. Setelah mengambil formulir silahkan isi selengkap-lengkapnya, setelah itu anda akan diminta foto untuk berkas, tempatya dibelakang kantin Polres, disini anda akan dikenakan biaya Rp. 10.000,-.

Cap Sidik Jari
Setelah foto selesai silahkan kembali ke tempat pengambilan formulir untuk mengantri cap sidik jari.

Mengumpulkan Formulir dan Bayar Biaya SIM
Selanjutnya setelah prosesi cap sidik jari selesai silahkan menuju ke loket pelayanan SIM, disana silahkan kumpulkan formulir yang tadi dan disertai SIM yang sudah habis masa berlakunya. Silahkan duduk dulu menunggu petugas mengecek kelengkapan berkas. Setelah dipanggul anda diminta untuk mengisi formulir lagi, silahkan isi dan kembalikan ke petugas loket, Setelah dipanggil kedua kalinya anda diminta untuk membayar biaya perpanjangan SIM di BRI, tenang petugas BRI juga sudah ada ditempat tersebut, anda dikenakan biaya Rp. 75.000,-.

Setelah itu silahkan kembalikan kuitansi tersebut ke petugas loket, dan anda akan diminta untuk mengambil nomor antrian dengan menekan tombol merah pada mesin antrian. Silahkan tunggu sampai giliran anda.

Tanda Tangan, Foto dan Ambil SIM Baru
Bila giliran anda telah datang, silahkan menuju ke loket 1 dibelakang loket yang tadi, langsung saja masuk dan tunggu giliran anda. Ditempat tersebut anda akan melakukan pengecekan data diri anda, kemudian foto lagi kali ini untuk foto di SIM dan tanda tangan. Setelah itu silahkan tunggu sampai SIM anda selesai dicetak, disini anda sudah tidak dimintai biaya lagi. Dan yang terakhir silahkan bawa pulang SIM baru anda. :D

Secara keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk proses perpanjangan SIM adalah Rp. 100.000,- (yang seribu buat parkir :D), murah dan mudah kan? jadi anda tidak perlu repot-repot untuk meminta bantuan calo dalam mengurus SIM. Kemungkinan alur proses perpanjangan SIM yang saya alami berbeda dengan anda, saya hanya memberikan gambaran saja, untuk kenyataannya silahkan alami sendiri :) .

Tarif Pembuatan SIM

Tarif Pembuatan SIM | Sumber : kaskus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>